Uncategorized

Cuaca Ekstrem, Jangan Parkir Motor di Tempat Terbuka

JAKARTA, KOMPAS.com – Jabodetabek diprediksi akan mengalami angin kencang pada 28 Desember 2022. Namun Dadan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut peluang fenomena alam tersebut cukup kecil untuk terjadi.

Meski demikian, Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto masyarakat tetap mesti waspada dengan segala potensi bencana hidrometeorologi di penghujung tahun, yang bisa merugikan.

“BMKG mengimbau masyarakat agar mewaspadai dampak dari potensi cuaca ekstrem ini yaitu adanya potensi bencana hidrometeorologis,” kata Guswanto dikutip dari bmkg.go.id, Rabu (28/12/2022).

Maka dari itu, para pengendara motor hendaknya selalu waspada untuk melakukan aktivitas di tengah cuaca ekstrem.

Khusus buat pengendara sepeda motor ada satu hal yang sebaiknya diperhatikan, yaitu menghindari posisi di bawah pohon, billboard, dan tiang listrik.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia menyarankan, jangan meninggalkan motor di tempat parkir yang terbuka.

“Parkiran tempatnya wajib ada atapnya, aman lagi jika di basement dan ada petugas jaga. Sewaktu-waktu terjadi kondisi bahaya, sepeda motor tetap aman,” kata Sony kepada Kompas.com, belum lama ini.

Menurut Sony, faktor keamanan bisa ditentukan dari kondisi lingkungan, terutama potensi bahaya banjir, tanah longsor, dan angin kencang. Tempat parkir yang terbuka selain risiko kerusakan, juga mengundang niat jahat para pelaku aksi kriminal.

“Jika di luar, lihat sekeliling apakah dekat pohon besar, sungai, dan selokan. Tempat yang teduh, potensi bahaya justru jadi berkali-kali lebih besar. Termasuk barang berharga seperti helm, lebih aman jika dibawa atau dititipkan,” kata dia.

Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting Jusri Pulubuhu menjelaskan, cek kembali posisi kendaraan di tempat parkir untuk menghindari risiko kecelakaan ringan sampai berat.

“Kecelakaan parkir seperti motor rubuh, tertimpa kendaraan lain dan kehilangan barang-barang berharga jangan sampai terjadi. Cek berkali-kali sebelum pergi keluar parkiran. Dari permukaan tanah, tembok di dekat tempat parkir, sampai atap, dilihat untuk memastikan bahwa kondisi aman,” ucap Jusri.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Cuaca Ekstrem, Jangan Parkir Motor di Tempat Terbuka”, Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/12/28/150100215/cuaca-ekstrem-jangan-parkir-motor-di-tempat-terbuka.
Penulis : Gilang Satria
Editor : Azwar Ferdian

Kompascom+ baca berita tanpa iklan: https://kmp.im/plus6
Download aplikasi: https://kmp.im/app6

Leave a Reply

Your email address will not be published.