Uncategorized

Jangan Sepelekan Ritual Panaskan Mesin Skutik pada Pagi Hari

SEMARANG, KOMPAS.com – Populasi sepeda motor matik atau skutik cukup besar di Indonesia. Bahkan jumlahnya mendominasi saat ini.

Salah satu faktornya karena mudah digunakan. Tapi meski demikian skutik juga punya perawatan khusus. Paling sederhana adalah perawatan rutin harian sederhana. Contoh dalam memanaskan mesin beberapa saat sebelum melakukan perjalanan di pagi hari.

Menurut Kepala Bengkel Honda Zirang Motor Semarang Nurhadi Muslim, ritual memanaskan mesin dilakukan untuk keseimbangan sirkulasi oli dan mengatur pasokan arus listrik dari aki ke masing-masing komponen.

“Oli mesin biar naik ke atas, pompa oli diberikan waktu untuk adaptasi. Arus listrik dari aki juga bisa lebih stabil, mencegah kemungkinan aki tekor di kemudian hari,” kata Nurhadi kepada Kompas.com, Jumat (16/12/2022).

Menurut Nurhadi, saat memanaskan mesin sebaiknya dibiasakan diberikan batas waktu tertentu untuk menghindari bahan bakar terbuang percuma.

Nurhadi mengatakan, 1 menit adalah waktu yang maksimal, lebih dari itu suhu kerja ideal sudah terlewati. “Cukup 1 menit saja, kalau lebih terlalu lama. Mesin kan punya suhu kerja 90 derajat celcius. Itu artinya komposisi pembakaran dan udara seimbang, jadi sudah siap,” ujarnya.

Lebih dari itu sama saja membuang bahan bakar. Mesin yang terlalu panas juga tak baik untuk jangka panjang. Mudah sekali menciptakan kerak karbon di ruang bakar, sumber penyebab ngelitik.

Saat ini jarang skutik baru yang dilengkapi kick starter. Namun, hal tersebut bisa diatasi dengan menggunakan komponen aftermarket yang banyak dijual di toko aksesoris.

Kick starter dapat digunakan untuk menyalakan mesin terutama di pagi hari, hal itu banyak dianggap solusi alternatif menghemat daya aki.

Namun menurut Nurhadi, fungsi asli dari kick starter adalah peralatan darurat pertolongan pertama saat aki tekor. Begitu dijadikan solusi mengisi daya aki, memang bisa diterapkan, hal itu belajar dari kebiasaan terus-terusan menyalakan mesin dengan electric starter, alhasil aki cepat tekor.

“Jadi kerja aki tidak terbebani. 90 persen daya listrik habis untuk menghidupkan mesin pertama kali,” kata dia.

Elektrik starter sudah jadi fitur wajib skutik modern. Rangkaian sistem operasi tersebut ditentukan kondisi motor starter. Maka dari itu, untuk mencegah kerusakan serius sebaiknya saat menyalakan mesin tombol tersebut cukup di tekan sebentar saja.

Hal itu seperti disampaikan Kepala Bengkel Honda Nusantara Sakti Penggaron Rofiudin.

“Motor starter bisa cepat rusak ketika di crank atau starter terlalu lama. Itu kan mekanikal dan elektrikal pakai suatu kumparan. Begitu mesin nyala, langsung dilepas, jika starter lama bisa putar kunci motor dahulu ke off baru di nyalakan lagi,” ucap Rofiudin.

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Jangan Sepelekan Ritual Panaskan Mesin Skutik pada Pagi Hari”, Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/12/17/092200815/jangan-sepelekan-ritual-panaskan-mesin-skutik-pada-pagi-hari?page=2.

Penulis : Dicky Aditya Wijaya

Editor : Stanly Ravel

 

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:

Android: https://bit.ly/3g85pkA

iOS: https://apple.co/3hXWJ0L

Leave a Reply

Your email address will not be published.