Uncategorized

Kenali Fungsi Oli Gardan pada Motor Matik

JAKARTA, KOMPAS.com – Pada sepeda motor matik (skutik), ada pelumas tambahan yang harus diberikan selain oli mesin. Pada motor dengan kopling kering, oli tambahannya adalah oli transmisi matik atau oli gardan.

Oli ini digunakan untuk memberikan pelumasan pada bagian transmisi, untuk melindungi dan mengoptimalkan kinerja pada area CVT (continuosly variable transmission), seperti gear dan bearing-bearing di dalamnya.

Technical Specialist PT Pertamina Lubricants (PTPL) Brahma Putra Mahayana menjelaskan, oli gardan motor matik harus diganti secara berkala.

“Pada penggunaan normal, oli transmisi sebaiknya diganti setiap 12 ribu km atau 12 bulan sekali. Apabila pemakaian berat atau (motor) selalu dipakai jarak jauh, lebih bagus jika durasinya dipercepat. Coba ganti dengan perbandingan 2:1. Penggantian oli transmisi dilakukan setelah dua kali ganti oli mesin,” ungkapnya dalam keterangan resmi, Kamis (29/9/2022).

Ada efek buruk jika sampai telat melakukan penggantian oli transmisi skutik. Ada beberapa ciri kerusakan yang bisa muncul, salah satu yang paling umum adalah munculnya suara kasar di area CVT.

Ini terjadi karena ada gesekan antar komponen di transmisi, yang bisa disebabkan oleh perubahan viskositas oli gardan, atau banyaknya logam ausan yang berada di dalam transmisi.

Kemudian, akan terasa getaran pada setang dan bodi motor. Gejala yang satu ini dapat terasa dengan jelas jika motor dikemudikan di jalan yang menurun. Ini menjadi pertanda, bahwa gardan tidak bekerja dengan baik karena oli transmisi tidak melumasi dengan sempurna.

Biaya kerusakan yang dibutuhkan untuk mengatasi kerusakan terbilang lebih mahal jika dibandingkan dengan kebiasaan rutin mengganti oli.

Biaya kerusakan yang dibutuhkan untuk mengatasi kerusakan terbilang lebih mahal jika dibandingkan dengan kebiasaan rutin mengganti oli.

Cara mengganti oli transmisi motor matik

Penggantian oli bisa dilakukan secara mandiri oleh pemilik motor matik. Prosesnya juga cukup mudah.

Pertama, parkirkan motor dengan standar tengah di tempat rata. Kemudian, buka baut paling belakang di bagian bawah CVT. Lepaskan baut dan siapkan wadah iuntuk menampung oli gardan lama.

Miringkan motor sedikit untuk memastikan oli sudah terbuang semua. Kemudian, pasang kembali baut, buka penutup oli transmisi di atas dan tuangkan oli transmisi yang baru.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Kenali Fungsi Oli Gardan pada Motor Matik”, Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/09/29/123239615/kenali-fungsi-oli-gardan-pada-motor-matik.
Penulis : Serafina Ophelia
Editor : Aditya Maulana

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3hXWJ0L

Leave a Reply

Your email address will not be published.