Uncategorized

Tips Memilih Oli Mesin yang Tepat untuk Sepeda Motor

Oli merupakah salah satu cairan yang penting pada kendaraan bermotor guna melumasi berbagai komponen agar bisa berkerja optimal. Dengan peran yang penting tersebut, maka kualitas oli perlu diperhatikan.

Selain itu, tiap oli memiliki spesifikasinya masing-masing sesuai kebutuhan dan jenis kendaraan yang digunakan. Cara paling mudah untuk mendapatkannya ialah dengan membaca buku panduan kendaraan.

Pasalnya, jika sembarangan, pemilik bisa mendapatkan masalah serius seperti mesin yang terlalu sering panas, penggunaan oli yang lebih cepat dari seharusnya, dan lain-lain.

Berkaca pada lebutuhan oli pada buku panduan tersebut, akan muncul suatu kode seperti SAE-10W-30 atau 10W-40. Ini merujuk pada standar tingkat kekentalan pada oli dan suhunya.

“Jadi semakin besar angkanya maka akan semakin kental olinya. Begitu pula sebaliknya, semakin kecil angka maka olinya lebih encer,” kata Brahma Putra Mahayana, Technical Specialist PT Pertamina Lubricants (PTPL) dalam keterangannya, Rabu (31/8/2022).

Lebih jauh, ia menyatakan bahwa oli yang encer seperti Enduro Matic 10W-30 pada produk Pertamina, akan lebih hemat bahan bakar dibandingkan oli kental. Biasanya, oli cocok untuk digunakan oleh motor matik seperti Honda Vario 125.

Sebaliknya, oli yang kental memiliki perlindungan ekstra. Biasanya, hal ini dibutuhkan pada motor matik dengan kapasitas yang lebih besar seperti Yamaha NMax, Honda Vario 160, Vespa Sprint 150, sampai yang bermesin 250 cc.

Dalam kesempatan serupa, Brahma juga mengatakan bahwa selain SAE salah satu yang perli diperhatikan saat membeli oli ialah kode API service yang terdapat pada kemasan.

Kode ini berfungsi sebagai penentu spesifikasi oli yang dibuat oleh American Petroleum Institute, guna mengukur tingkatan kemampuan oli disesuaikan dengan tingkatan teknologi mesin.

Setiap mesin berbahan bakar bensin, memiliki kode API dengan huruf depan yaitu ‘S’. Huruf kedua, akan menunjukkan tingkatan mutu oli tersebut yang berupa huruf alfabetis, semakin tinggi maka peringkatnya semakin tinggi pula.

“Misal saja pada produk Enduro Matic V 10W-40 yang sudah menggunakan standar API SN, ini adalah standar API tertinggi untuk pelumas motor saat ini,” tambah dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Tips Memilih Oli Mesin yang Tepat untuk Sepeda Motor”, Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/08/31/171200815/tips-memilih-oli-mesin-yang-tepat-untuk-sepeda-motor.
Penulis : Ruly Kurniawan
Editor : Aditya Maulana

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3hXWJ0L

Leave a Reply

Your email address will not be published.